Sabtu, 18 Februari 2012

Pengertian Seni Teater


Istilah Teater berasal dari Bahasa Yunani lama yang secara harfiah berarti gedung atau tempat pertunjukan.
Kata Teater dalam bahasa inggris adalah Theatre yang mengandung banyak pengertian yaitu sebagai berikut:
1). Gedung Pertunjukan, tempat dimana orang-orang menonton suatu sajian tontonan.
2). Tontonan yang disajikan di gedung pertunjukan terutama yang memaparkannya tokoh.
3). Adegan, permainan, gagasan dan sebagainya yang dipandang sebagai drama atau bahan-bahan drama.
4). Medan atau wilayah, tempat suatu sandiwara atau perbuatan terjadi.
Budayawan kita Sri Paduka Mangkunegara Ke-7 dari Surakarta mempopulerkan istilah Sandiwara ini secara morfologis adalah kata majemuk yang terdiri atas kata sandi dan warah.
Arti kata sandi tersamar, lambang, terselubung, rahasia sedangkan arti kata warah adalah didik, ajar, bombing, nasehat.
Secara harfiah pengertian sandiwara adalah
Pendidikan atau ajaran tersamar Manusia unsur utama seni teater. Media peraya seni teater pada umumnya manusia namun dapat juga benda-benda yang dibentuk dalam wujud tertentu sehingga dapat diragakan dengan cara tertentu. Sebagai pemeran teater ikal. Unsur utama seni teater adalah manusia itu sendiri. Manusia mempunyai kesanggupan untuk berekspresi. Manusia mampu melakukan tindakan kreatif dan improvisasi sekali pun menjadi media pemeranan. Pemeranan bukan hanya berarti gerak yang tidak menentu, tetapi tingkah laku. Tetapi ada manusia yang sesuai dengan fimpramen atau karakter tertentu yang telah digariskan oleh penulis lakon. Itulah sebabnya didalam dunia persandiwaraan dan film, sering kali pemain yang telah ditentukan pola wataknya dinamakan karakter.
Dalam kegiatan berperan disamping harus cakap didalam perannya, pemeran juga harus mampu menguasai medan ruang pada panggung sebagai permainan dan kepura-puraan pemeran tidak boleh canggung memanfaatkan setiap pelosok ruang dalam membentuk keseimbangan dan karakteristik pandangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar